Juli 04, 2014

Langkah Kegiatan Pembelajaran KPS dan Konstruktivisme


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Pendekatan Konstruktivisme
  •          Pendekatan KPS

        A.    Kegiatan Pendahuluan
1.      Mengucapkan salam dan menunjuk salah satu siswa (ketua kelas) untuk memimpin doa
2.      Menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka dengan suara penuh semangat
3.      Menanyakan ada tidaknya siswa yang tidak masuk (presensi)
4.      Menanyakan materi sebelumnya dan mengkaitkan dengan materi yang akan dibahas
5.      Bertanya jawab tentang jenis makanan hewan
6.      Menyebutkan tujuan belajar hari ini
7.      Menginformasikan materi yang akan dibahas yaitu jenis hewan berdasarkan  makanannya

       B.     Kegiatan Inti
1.      Guru menyampaikan kepada siswa materi yang akan dipelajari hari ini yaitu pengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanan
2.      Guru menyampaikan materi dengan media gambar dan siswa diminta untuk memperhatikan hewan yang terdapat pada gambar (mengamati)
3.      Siswa diminta untuk menafsirkan hewan mana saja yang makanannya sama (interpretasi)
4.      Guru meminta siswa untuk memperkirakan jenis-jenis hewan berdasarkan makanannya (prediksi)
5.      Setelah jawaban semua siswa benar, guru menjelaskan bahwa hewan pemakan daging itu disebut karnivora, pemakan tumbuhan disebut herbivora, pemakan segala disebut omnivore (berkomunikasi)
6.      Guru meminta salah satu siswa maju ke depan untuk mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya ke dalam table yang ada di papan tulis (klasifikasi)
7.      Guru meminta siswa membuat jawaban sementara terhadap kemungkinan-kemungkinan terdapat beberapa hewan lain yang tergolong ke dalam jenis-jenis tersebut (berhipotesis)
8.      Siswa diminta untuk mengamati hewan di lingkungan sekitar dan mengelompokkannya  berdasarkan jenis makanan (merencanakan percobaan)
9.      Guru memberikan penekanan materi terhadap siswa melalui pertanyaan apa, mengapa hewan-hewan tersebut tergolong karnivora, herbivore atau omnivore (mengajukan pertanyaan)
10.  Guru membimbing siswa untuk dapat menerapkan konsep mengenai jenis hewan berdasarkan makanannya (menerapkan konsep)


       C.     Kegiatan Penutup
1.         Guru bersama siswa menyimpulkan hasil belajar selama hari ini
2.         Guru memberikan pertanyaan sebagai umpan balik untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
3.         Melakukan penilaian hasil belajar
4.         Guru menginformasikan kegiatan belajar yang akan datang
5.         Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menghitung luas dan keliling kamar mereka masing-masing
6.         Guru menunjuk ketua kelas untuk berdoa bersama-sama (mengakhiri pembelajaran hari ini)














  •          Pendekatan Konstruktivisme

A.    Kegiatan Pendahuluan
1.    Mengucapkan salam dan menunjuk salah satu siswa (ketua kelas) untuk memimpin doa
2.    Menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka dengan suara penuh semangat
3.    Menanyakan ada tidaknya siswa yang tidak masuk (absensi)
4.    Menanyakan materi sebelumnya dan mengkaitkan dengan materi yang akan dibahas
5.    Membantu siswa dalam mempersiapkan alat dan keperluan dalam belajar termasuk torso kerangka tubuh manusia (persiapan alat dan bahan)
6.    Bertanya jawab tentang kerangka tubuh manusia (merangsang pengetahuan siswa)
7.    Menyebutkan tujuan belajar hari ini
8.    Menginformasikan materi yang akan dibahas yaitu kerangka tubuh manusia

B.     Kegiatan Inti
1.      Guru menyampaikan materi yaitu kerangka tubuh manusia dan meminta siswa untuk mengamati torso kerangka tubuh manusia
2.      Guru bertanya jawab dengan siswa apa saja bagian-bagian tubuh manusia berdasarkan pengamatan yang mereka lakukan (mengetahui pemahaman siswa)
3.      Guru memberikan pertanyaan kepada semua siswa bagian-bagian tubuh yang jarang diketahui oleh siswa SD pada umumnya (mengetahui kelebihan dan kekurangan siswa)
4.      Siswa diminta untuk mengamati torso secara lebih dekat dan menanyakan apa saja yang belum mereka ketahui
5.      Guru sebagai fasilitator menjawab pertanyaan-pertanyaan dari siswa
6.      Apabila terdapat siswa yang salah atau kurang memahami materi, guru menjelaskan dengan baik dan bijaksana
7.      Setelah semua siswa memahami materi, guru menambahkan metode pembelajaran yaitu TGT (team game tournament) dengan dimulai membentuk kelompok
8.      Guru menyampaikan maksud dari pembentukan kelompok dan menyampaikan aturan dalam pelaksanaan pembelajaran selanjutnya
9.      Guru memberikan kertas berisi beberapa pertanyaan dan siswa dalam tiap kelompok diminta diskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut
10.  Setelah semua kelompok selesai maka akan dibahas bersama-sama dan menentukan kelompok yang dapat menjawab dengan benar dan memiliki nilai paling tinggi dan diambil 3 kelompok terbaik
11.  Tiga kelompok terbaik diminta untuk menunjuk perwakilan kelompok untuk maju ke depan dan melanjutkan permainan
12.  Guru mengajukan pertanyaan kepada ketiga kelompok dan mereka harus menjawab dengan berebut sesuai aturan permainan
13.  Kelompok yang mendapat nilai/score tertinggi akan menjadi pemenang dalam permainan dan mendapat hadiah dari guru
14.  Permainan selesai, guru memberikan soal sebagai evaluasi dan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi
15.  Setelah semua siswa selesai, soal dibahas bersama-sama dan guru membantu siswa yang masih kurang dalam memahami materi

C.     Kegiatan Penutup
1.    Guru bersama siswa menyimpulkan hasil belajar selama hari ini 
         2.    Guru memberikan pertanyaan sebagai umpan balik untuk mengetahui tingkat pemahaman    siswa 
            3.  Melakukan penilaian hasil belajar
            4.    Guru menginformasikan kegiatan belajar yang akan datang
5.    Guru memberikan PR kepada siswa
6.    Guru menunjuk ketua kelas untuk berdoa bersama-sama (mengakhiri pembelajaran hari ini)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar