Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan
Pendekatan Konstruktivisme
- Pendekatan KPS
A. Kegiatan
Pendahuluan
1. Mengucapkan
salam dan menunjuk salah satu siswa (ketua kelas) untuk memimpin doa
2. Menyapa
siswa dan menanyakan kabar mereka dengan suara penuh semangat
3. Menanyakan
ada tidaknya siswa yang tidak masuk (presensi)
4. Menanyakan
materi sebelumnya dan mengkaitkan dengan materi yang akan dibahas
5. Bertanya
jawab tentang jenis makanan hewan
6. Menyebutkan
tujuan belajar hari ini
7. Menginformasikan
materi yang akan dibahas yaitu jenis hewan berdasarkan makanannya
B. Kegiatan
Inti
1. Guru
menyampaikan kepada siswa materi yang akan dipelajari hari ini yaitu
pengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanan
2. Guru
menyampaikan materi dengan media gambar dan siswa diminta untuk memperhatikan
hewan yang terdapat pada gambar (mengamati)
3. Siswa
diminta untuk menafsirkan hewan mana saja yang makanannya sama (interpretasi)
4. Guru
meminta siswa untuk memperkirakan jenis-jenis hewan berdasarkan makanannya
(prediksi)
5. Setelah
jawaban semua siswa benar, guru menjelaskan bahwa hewan pemakan daging itu
disebut karnivora, pemakan tumbuhan disebut herbivora, pemakan segala disebut omnivore
(berkomunikasi)
6. Guru
meminta salah satu siswa maju ke depan untuk mengelompokkan hewan berdasarkan
jenis makanannya ke dalam table yang ada di papan tulis (klasifikasi)
7. Guru
meminta siswa membuat jawaban sementara terhadap kemungkinan-kemungkinan
terdapat beberapa hewan lain yang tergolong ke dalam jenis-jenis tersebut
(berhipotesis)
8. Siswa
diminta untuk mengamati hewan di lingkungan sekitar dan mengelompokkannya berdasarkan jenis makanan (merencanakan
percobaan)
9. Guru
memberikan penekanan materi terhadap siswa melalui pertanyaan apa, mengapa
hewan-hewan tersebut tergolong karnivora, herbivore atau omnivore (mengajukan
pertanyaan)
10. Guru
membimbing siswa untuk dapat menerapkan konsep mengenai jenis hewan berdasarkan
makanannya (menerapkan konsep)
C. Kegiatan
Penutup
1.
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil
belajar selama hari ini
2.
Guru memberikan pertanyaan sebagai umpan
balik untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa
3.
Melakukan penilaian hasil belajar
4.
Guru menginformasikan kegiatan belajar
yang akan datang
5.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk
menghitung luas dan keliling kamar mereka masing-masing
6.
Guru menunjuk ketua kelas untuk berdoa
bersama-sama (mengakhiri pembelajaran hari ini)
- Pendekatan Konstruktivisme
A. Kegiatan
Pendahuluan
1. Mengucapkan
salam dan menunjuk salah satu siswa (ketua kelas) untuk memimpin doa
2. Menyapa
siswa dan menanyakan kabar mereka dengan suara penuh semangat
3. Menanyakan
ada tidaknya siswa yang tidak masuk (absensi)
4. Menanyakan
materi sebelumnya dan mengkaitkan dengan materi yang akan dibahas
5. Membantu
siswa dalam mempersiapkan alat dan keperluan dalam belajar termasuk torso kerangka
tubuh manusia (persiapan alat dan bahan)
6. Bertanya
jawab tentang kerangka tubuh manusia (merangsang pengetahuan siswa)
7. Menyebutkan
tujuan belajar hari ini
8. Menginformasikan
materi yang akan dibahas yaitu kerangka tubuh manusia
B. Kegiatan
Inti
1. Guru
menyampaikan materi yaitu kerangka tubuh manusia dan meminta siswa untuk
mengamati torso kerangka tubuh manusia
2. Guru
bertanya jawab dengan siswa apa saja bagian-bagian tubuh manusia berdasarkan
pengamatan yang mereka lakukan (mengetahui pemahaman siswa)
3. Guru
memberikan pertanyaan kepada semua siswa bagian-bagian tubuh yang jarang
diketahui oleh siswa SD pada umumnya (mengetahui kelebihan dan kekurangan
siswa)
4. Siswa
diminta untuk mengamati torso secara lebih dekat dan menanyakan apa saja yang
belum mereka ketahui
5. Guru
sebagai fasilitator menjawab pertanyaan-pertanyaan dari siswa
6. Apabila
terdapat siswa yang salah atau kurang memahami materi, guru menjelaskan dengan
baik dan bijaksana
7. Setelah
semua siswa memahami materi, guru menambahkan metode pembelajaran yaitu TGT
(team game tournament) dengan dimulai membentuk kelompok
8. Guru
menyampaikan maksud dari pembentukan kelompok dan menyampaikan aturan dalam
pelaksanaan pembelajaran selanjutnya
9. Guru
memberikan kertas berisi beberapa pertanyaan dan siswa dalam tiap kelompok
diminta diskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut
10. Setelah
semua kelompok selesai maka akan dibahas bersama-sama dan menentukan kelompok
yang dapat menjawab dengan benar dan memiliki nilai paling tinggi dan diambil 3
kelompok terbaik
11. Tiga
kelompok terbaik diminta untuk menunjuk perwakilan kelompok untuk maju ke depan
dan melanjutkan permainan
12. Guru
mengajukan pertanyaan kepada ketiga kelompok dan mereka harus menjawab dengan
berebut sesuai aturan permainan
13. Kelompok
yang mendapat nilai/score tertinggi akan menjadi pemenang dalam permainan dan
mendapat hadiah dari guru
14. Permainan
selesai, guru memberikan soal sebagai evaluasi dan untuk mengetahui tingkat
pemahaman siswa terhadap materi
15. Setelah
semua siswa selesai, soal dibahas bersama-sama dan guru membantu siswa yang
masih kurang dalam memahami materi
C. Kegiatan
Penutup
1. Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil belajar selama hari ini
2. Guru
memberikan pertanyaan sebagai umpan balik untuk mengetahui tingkat pemahaman
siswa
3. Melakukan
penilaian hasil belajar
4. Guru
menginformasikan kegiatan belajar yang akan datang
5. Guru
memberikan PR kepada siswa
6. Guru
menunjuk ketua kelas untuk berdoa bersama-sama (mengakhiri pembelajaran hari
ini)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar