Contoh RPP Tematik dengan Metode Problem
Based Learning
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK
Satuan pendidikan : SD NUSANTARA 2
Kelas/Semester : IV
/ II
Tema/Sub Tema : Indahnya Negeriku / Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan
Pembelajaran :
3
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca)
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
(KD) dan Indikator
Kompetensi Dasar
PPKn
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga
dalam kehidupan sehari- hari di rumah,
sekolah dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di
lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
Indikator
3.2.1 Menjelaskan
kewajiban sebagai warga sehubungan dengan pemanfaatan tumbuhan
3.2.2 Mengomunikasikan secara tertulis contoh
tindakan untuk melestarikan tumbuhan
Matematika
3.7 Menentukan
hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
4.2 Menyatakan
pecahan ke bentuk desimal dan persen
Indikator
3.7.1
Menjelaskan
langkah-langkah operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
3.7.2
Menyelesaikan
soal tentang operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal
SBdP
3.4 Mengetahui
berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.1 Menggambar
berdasarkan tema
Indikator
4.1.1 Menggambar pemandangan alam menggunakan
pensil
C. Tujuan
pembelajaran
1.
Berdasarkan teks dan setelah berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan tentang kewajiban sebagai warga terhadap lingkungan.
2.
Setelah menggali informasi dari teks, siswa mampu menemukan contoh-contoh
kewajiban sebagai warga terhadap lingkungan.
3.
Diberikan contoh, siswa mampu menjelaskan langkah-langkah
operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal dengan percaya diri.
4.
Berdasarkan informasi dari tabel, siswa mampu menghitung
keliling kertas dalam berbagai ukuran dengan benar.
5.
Setelah menggali teks dan mendengar penjelasan guru tentang
alur cara menggambar pemandangan alam, siswa mampu menjelaskan langkah-langkah
menggambar alam secara runtut.
6.
Dengan langsung melakukan
pengamatan, siswa mampu menggambar pemandangan alam menggunakan pensil dengan
teknik yang benar sebagai hasil karya dari masing-masing kelompok.
D. Materi Pembelajaran
1.
Memahami contoh-contoh kewajiban sebagai warga negara
terhadap lingkungan
2.
Memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan
decimal
3.
Memahmi teknik menggambar pemandangan alam dengan benar
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Metode : Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah).
2.
Pendekatan : Scientific (mengamati,
mengumpulkan informasi, eksperimen,
mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan)
3.
Teknik :
Jigsaw
F.
Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.
Media :
Gambar dan PPT
2.
Alat :
LCD dan Laptop
3.
Sumber Belajar : Buku siswa
Kurnianingsih,
Yanti, dkk. 2013. Buku Siswa Tema 6:
Indahnya Negeriku.
Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memasuki kelas dan mengucapkan salam dengan
penuh semangat
2. Meminta salah satu siswa (ketua kelas) untuk
memimpin doa
3. Guru menanyakan kabar siswa dan mempresensi
kehadiran siswa
4. Guru memotivasi siswa dengan cerita teladan disertai
penanaman karakter
5. Guru mengulas materi minggu lalu dan mengaitkannya
dengan materi yang akan dibahas
6. Guru membantu siswa menyiapkan alat dan bahan untuk
kegiatan pembelajaran
7. Guru menyampaikan tujuan belajar hari ini
8. Menginformasikan kepada siswa tema yang akan
dipelajari yaitu Indahnya Negeriku dengan subtema keanekaragaman hewan dan
tumbuhan
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Fase orientasi siswa kepada masalah
1. Guru menjelaskan materi tentang lingkungan sekitar
yaitu hewan dan tumbuhan
2. Guru menanyakan kepada siswa bagaimana keadaan hewan
dan tumbuhan di sekitar kita
3. Guru memancing pemikiran siswa dengan mangajukan
pertanyaan mengapa hewan dan tumbuhan di sekitar kita semakin berkurang
kelestariannya
4. Setelah siswa mampu menyebutkan penyebab-penyebab
masalah yang terjadi, guru meminta siswa berdiskusi tentang sikap apa saja
yang bisa dilakukan agar hewan dan tumbuhan dapat dilestarikan
Fase Mengorganisasikan siswa
5. Dengan permasalahan yang harus didiskusikan
tersebut, siswa dibentuk ke dalam tiga kelompok
6. Masalah yang mereka diskusikan memiliki tema yang
sama yaitu cara atau sikap dan tindakan kita sebagai penerus bangsa untuk
bisa menjaga dan melestarikan lingkungan terutama hewan dan tumbuhan
7. Guru memberikan tema sama namun dengan subtema yang
berbeda, yaitu:
a.
kelompok
satu berdiskusi tentang tindakan melestarikan hewan dan tumbuhan yang berada
di lingkungan sekitar rumah dan sekolah
b.
kelompok
dua berdiskusi tentang sikap dan tindakan untuk melestarikan hewan dan
tumbuhan yang berada di hutan
c.
kelompok
ketiga berdiskusi tentang sikap dan tindakan untuk menjaga dan melestarikan
hewan dan tumbuhan yang berada di laut
Fase Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
8. Masing-masing kelompok diminta untuk berhipotesis
terhadap permasalahan yang ada
9. Guru mendukung informasi yang diperoleh siswa dengan
memberikan gambar-gambar yang sesuai dengan subtema masing-masing kelompok
10. Guru juga mendorong siswa untuk mengumpulkan data
dan informasi sebanyak-banyaknya hingga mereka yakin terhadap jawaban yang
mereka diskusikan
11. Siswa juga diminta mengamati bentuk bingkai pada
gambar yang diberikan oleh guru
12. Setelah semua kelompok berhipotesis dan mengamati bentuk
bingkai pada gambar, sehingga siswa akan menanyakan apa bentuknya, termasuk
bangun apa, apa namanya dan bagaimana cara mengetahui panjang seluruh sisinya
13. Guru meminta siswa mendiskusikan pendapat mereka
bersama kelompok masing-masing tentang berbagai pertanyaan yang ditemukan
siswa tersebut
Fase mengembangkan dan menyajikan hasil karya
14. Setelah siswa berdiskusi, tiap kelompok diminta
menuliskan seluruh hasil diskusi dan pengamatan mereka
15. Guru membantu dan membimbing siswa dalam membuat
laporan hasil pengamatan mereka agar siswa dapat mengembangkan laporan mereka
dengan benar dan lengkap
16. Siswa membuat laporan berdasarkan tabel dan struktur
yang ditentukan oleh guru agar hasil karya mereka lebih rapi dan terorganisir
17. Disaat siswa berdiskusi, guru berkeliling untuk
menilai proses belajar pada tiap kelompok
Fase Menganalisis dan Mengevaluasi proses pemecahan masalah
18. Setelah semua kelompok selesai membuat laporan, guru
meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan
pengamatan oleh masing-masing kelompok
19. Ketika tiap kelompok maju, kelompok lainnya diminta
memperhatikan dan memberikan penilaian
20. Setelah semua kelompok maju, tiap kelompok diminta menggambar
lingkungan alam berdasarkan subtema masing-masing kelompok
21. Siswa diminta menggambar disertai bingkai berbentuk
bangun datar menggunakan pensil kemudian diwarnai dengan pensil warna sebagai
refleksi terhadap pembelajaran hari ini
|
50 menit
|
Penutup
|
1.
Guru
memberi penilaian dan pujian bagi kelompok yang melakukan pengamatan dan
membuat karya dengan baik
2.
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaia siswa)
3.
Siswa
bersama guru membuat simpulan materi
4.
Memberi
tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah
5.
Menginformasikan
kegiatan belajar yang akan datang
6.
Mengajak
semua siswa berdoa (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
10 menit
|
sangat memotivasi RPP nya untuk dikelas saya
BalasHapussangat menarik dan baik untuk sy coba diterapkan disekolah saya trims imfonya dan sukses selalu
BalasHapus