Juli 04, 2014

Bola Voli Mini



Bola Voli Mini






A.      Sejarah ditemukannya Bola Voli

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942. YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William. Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA , menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith. Permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball). Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.
Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang. Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. Dan menurut penjelasannya pada saat itu, permainan ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).

B.       Pengertian Bola Voli Mini
Bola voli sendiri merupakan suatu olahraga permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu yang dipisahkan dengan net. Permainan di atas lapangan bebentuk empat persegi panjang, di tengah-tengah lapangan dipisahkan dengan dibentangkan net. Permainan ini dapat dimainkan di dalam ruangan atau di lapangan terbuka. Tujuan permainan bola voli adalah agar setiap regu dapat melewatkan bola melalui atas net sampai bola yang dilewatkan tidak menyentuh lantai di dalam daerah atau lapangan sendiri. Dalam permainan tiap regu berusaha untuk memasukkan bola ke daerah lawan melewati atas net dan berusaha memenangkan permainan dengan cara mematikan bola di daerah lawan dengan menggunakan teknik-teknik bermain bola voli yang benar.
Untuk mendapatkan kemenangan, setiap pemain bola voli harus menguasai teknik dasar memainkan bola karena penguasaan teknik dasar menentukan menang atau kalahnya suatu pertandingan.
Sedangkan Bola voli mini adalah modifikasi dari permainan bola voli standar yang mengembangkan peraturan-peraturan agar menarik dan lebih mudah dipahami serta ditujukan untuk siswa sekolah dasar. bola vol­­­i mini dikhususkan untuk anak-anak usia 9 sampai 13 tahun. Permainan Bola voli mini di desain untuk 4 orang pemain untuk setiap tim. Artinya, four versus four, yang di mainkan pada lapangan dengan ukuran, panjang 12 meter dan lebar lapangan 5,5 meter.

C.      Teknik-teknik yang terdapat dalam Bola Voli Mini
1.    Teknik dasar latihan bola voli
Permainan voli mempunyai teknik-teknik tersendiri. Teknik dasar permainan bola voli antara lain adalah teknik pasing (passing) bawah, pasing atas, servis (service), smash, dan membendung bola (blocking). Teknik pasing dan servis dalam bola voli adalah sebagai berikut
a.    Teknik pasing bawah
Teknik pasing ada dua, yaitu pasing atas dan pasing bawah. Teknik pasing bawah biasanya banyak digunakan saat bermain voli. Gerakan teknik pasing bawah sebagai berikut :

pass bawah.JPG
1)        Berdiri tegak, kaki agak dibuka dan kedua lutut agak ditekuk, berat badan pada kedua kaki.
2)        Badan condong ke depan dan kedua tangan lurus ke depan.
3)        Perkenaan bola pada pergelangan tangan.
4)        Pandangan ke depan. Latihannya dapat dilakukan secara berpasangan.
5)        Anak satu mengoper bola sebanyak 30 kali pada
anak yang lain. Kemudian dihitung berapa kali pasing yang baik. Lemaskan gerakan lengan saat melakukan pasing bawah, sehingga bola akan mudah memantul saat mengenai kedua lengan.
b.   Teknik pasing atas
Pasing atas adalah menyajikan bola atau membagi-bagikan bola (mengoper bola) dengan menggunakan jari-jari tangan. Gerakan teknik pasing atas sebagai berikut :
passing atas.JPG

1)      Berdiri tegak, kaki agak dibuka.
2)      Salah satu kaki agak ke depan.
3)      Kedua lutut agak ditekuk, badan agak ke depan.
4)      Kedua tangan berada di atas kepala.
5)      Siku ditekuk, jari-jari tangan direnggangkan membentuk lengkungan setengah bola. Latihannya dapat dilakukan dengan cara mengoper bola ke tembok pada jarak 3 meter sebanyak 30 kali. Kemudian dihitung berapa kali pasing yang baik. Pada latihan pasing atas, aturlah kekuatan tanganmu saat mengoper bola pada tembok. Jika operanmu terlalu kuat, maka bola akan memantul jauh, sehingga sulit kamu jangkau.
c.    Teknik servis
Servis adalah pukulan permulaan yang dilakukan oleh pihak yang melakukan servis. Gerakan teknik servis bawah sebagai berikut:

servis.JPG

1)  Salah satu kaki di depan, badan agak ke depan.
2) Tangan kiri memegang bola, tangan kanan diayunkan ke belakang dan memukul bola.
3) Pandangan ditujukan ke atas jaring ke lapangan lawan. Latihannya dapat dilakukan dengan cara melakukan servis ke arah lapangan sebanyak 10 kali. Kemudian dihitung bola yang masuk dan keluar.

d.      Smash (spike)
Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada di atas jaring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan faktor-faktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan. Teknik smash Menurut Muhajir Teknik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal (2006,23). Menurut Iwan Kristianto mengemukakan bahwa , Smash adalah pukulan keras yang biasanya mematikan karena bola sulit diterima atau dikembalikan . “ (2003 : 143 ) . Spike adalah merupakan bentuk serangan yang paling banyak digunakan untuk menyerang dalam upaya memperoleh nilai suatu tim dalam permainan voli. Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa Teknik Smash atau spike adalah cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan untuk mencapai pukulan keras yang biasanya mematikan ke daerah lawan. Tes smash Menurut Sandika mengemukakan bahwa tes smash adalah tolok ukur untuk mengukur kemampuan smash.

e.       Membendung (blocking)
Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan. Sikap memblok yang benar adalah:
1)     Jongkok, bersiap untuk melompat.
2)     Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas.
3)    Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian melakukan block.
Block ada dua macam. 1. block tunggal 2. block ganda Block tunggal adalah membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain Block ganda adalah membendung bola yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih. Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan block ganda antara lain adalah memadukan langkah kaki dan kerjasama antar blocker dalam menentukan waktu lompatan dan arah pergerakan bola.

D.      Peraturan Permainan dalam Bola Voli mini
Memainkan bola voli mini hanya boleh dilakukan dengan teknik yang telah dipelajari. Setelah dapat melakukan teknik-teknik dasar bola voli mini, selanjutnya mainkan dalam suatu permainan dengan mengikuti peraturan yang sederhana. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

a.       Bentuklah 2 regu, setiap regu terditi atas 4 siswa.
b.      Atur posisi anggota regu. Servis dilakukan oleh pemain belakang sebelah kanan. Pergantian servis, perputaran pemain, dan cara menghitung nilai disesuaikan peraturan resmi permainan bola voli.
c.       Lakukan pemanasan otot lengan sebelum melakukan servis. Perhatikan ayunan bola agar perkenaan tangan pada bola tidak meleset.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBfgiP7tctErSztEC9i5AFb6XINfPT92yB7X6EmteZ4dzCBPHgCfAY7z_npz5CYepKpgZjqkhqwFHOCUFODbeqamEuuSoU9quMIIscMWzcmvFsFWpdmlVfsFQPYjlr96wBhstTumJkCHE/s320/a.JPG
d.      Mengoperkan bola kepada lawan atau teman dilakukan dengan pasing atas dan pasing bawah. Bola yang diterima tidak boleh dikembalikan langsung ke lawan. Bola tersebut harus dioperkan dulu pada teman di lapangan sendiri. Paling sedikit 1 kali dan paling banyak 2 kali. Jika ada bola dating dari pukulan lawan, jangan saling berebut. Beri aba-aba pada teman jika kamu akan mengambil dan mengoper bola tersebut.
e.       Permainan dapat dilakukan dengan menggunakan system rally point dengan jumlah angka tidak mutlak 25 (satu game), tetapi disesuaikan dengan alokasi waktu yang tersedia


E.       Alat dan Perlengkapan yang digunakan dalam Bola Voli Mini
Lapangan untuk permainan bola voli mini berbentuk persegi panjang, sama dengan lapangan bola voli biasa atau bola voli pantai.  Ukuran lapangan bola voli mini sebagai berikut.

a.       Panjang : 12 meter
b.      Lebar : 5,5 meter
c.       Tinggi net putra: 2,10 meter
d.      Tinggi net putri : 2 meter.
e.       Alat : bola berat 230 - 250 gr
f.       Net : panjang 7 meter dan lebar 90 cm
g.      Untuk ukuran bola yang digunakan adalah nomor 4









         Kesimpulan

Bola voli mini adalah modifikasi dari permainan bola voli standar yang mengembangkan peraturan-peraturan agar menarik dan lebih mudah dipahami serta ditujukan untuk siswa sekolah dasar. bola vol­­­i mini dikhususkan untuk anak-anak usia 9 sampai 13 tahun. Permainan Bola voli mini di desain untuk 4 orang pemain untuk setiap tim. Artinya, four versus four, yang di mainkan pada lapangan dengan ukuran, panjang 12 meter dan lebar lapangan 5,5 meter.
Memainkan bola voli mini hanya boleh dilakukan dengan teknik yang telah dipelajari. Setelah dapat melakukan teknik-teknik dasar bola voli mini, selanjutnya dapat dimainkan dalam suatu permainan dengan mengikuti peraturan yang sederhana.


DAFTAR PUSTAKA

______. 2004. “Bola Voli Mini” (online), (Bola-voli-mini.htm, diakses tanggal 30 Maret 2014)
Mifid, Najib Sulhan. 2010. Mari Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SD-MI Kelas IV. Jakarta : Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.
Poetra, addie. 2011. “Bola Voli” (online), (BUKU CATATAN ADI Mari Be.htm, diakses tanggal 3 April 2014)
Yuda, Pratama. 2006. “Pendjas-Orkes Bola Voli Mini” (online), (bola/voli/mini/html, diakses tanggal 3 April 2014)


3 komentar:

  1. Pusat Baju Bola

    Pusat penjualan Baju Bola, kaos bola, jaket bola, syal bola

    Pusat Penjualan Baju bola, Kaos

    Bola, Jaket Bola, Syal Bola


    http://www.pusatbajubola.com

    BalasHapus
  2. Makasih ya,, saya butuh ini untuk melengkapi pelajaran untuk adik saya disekolah, makasih, artikel nya sangat jelas dan mudah di mengerti, silahkan berkunjung ke blog Jual Teh Blesstea Murah kami ya..
    Http://tehblessteacenter.com

    BalasHapus
  3. Terimakasih bahasan singkatnya, saya butuh reverensi menyikap jika dalam event pertandingan bola voli mini apakah ada peraturan yg baku dan di jadikan acuan buat di terapkan pada saat memimpin pertandingan, mengingan dasar bola voli mini ini adalah permainan yg bentuknya modifikasi yg beetujuan untuk mengenalkan dasar teknik pada atlet usia dasar.

    BalasHapus